Sosialisasi Panic Button PMI

18 Januari 2019 | Posted in : BERITA, Headline, KETENAGAKERJAAN

Dalam rangkain peningkatan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia, Disnakertrans Jatim adakan rangkaian sosialisasi pembentukan LTSA dikantong-kantong PMI, Evaluasi LTSA Jatim dan Sosialisasi Fitur Menu Layanan Baru yang berbasis online di website simPADU-PMI (http://p3tki-jatim.go.id).

Beberapa hasil sosialisasi dan evaluasi sebagai herikut :

  1. Pembentukan LTSA Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia merupakan amat UU 18 th 2017 ttg pelindungan pekerja mingran indonesia pasal 38 yang mewajibkan pemerintah daerah membuat LTSA.
  2. Jawa Timur di th 2018 menjadi daerah terbanyak penyumbang penempatan PMI terbesar se Indonesia (70.352 orang berdasar siskotkln bnp2tki). Dibanding th 2017 terjadi kenaikan 9.22%.
  3. Di jatim sd th 2018 baru ada 2 LTSA yakni di tulungagung dan banyuwangi.dalam proses finishing di kab ponorogo. Diharapkan th 2019 LTSA dijatim bertambah 3 buah terutama dikantong penempatan PMI.
  4. Kemnaker memberi fasilitasi rehab gedung,sarpras komputer dan meubel bagi dareah yg ingin mendirikan LTSA.
  5. Pemerintah daerah harus menyiapkan dukungan komitmen dari pimpinan daerah,sk personil dan dukungan angggaran pemdamping untuk operasional LTSA.
  6. Meminta Kemnaker untuk terus mendampingi daerah baik yg ingin mendirikan maupun yg sdh mengoperasionalkan LTSA melalui kebijakan Inpres lintas sektor dan dana APBN dekonsetrasi
  7. Pemprov jatim membantu dampingan contoh2 teknis dan regulasi serta bantuan replikasi layanan inovasi publik simPADU-PMI.
  8. Operasional LTSA jatim berdasar penilaian tim kemnaker sangat efektif dengan skor 84.14. Output nyata yang dapat dilihat adalah meningkatnya indeks kepercayaan publik terhadap layanan birokrasi pemerintah, menurunnya angka pmi bermasalah dan tki yabg berangkat non prosedural serta meningkatnya penempatan pmi dijabatan formal.
  9. Beberapa layanan di LTSA jatim masih perlu ditingkatkan antara lain layanan skck polda jatim, layanan sarana kesehatan dan sarpras penunjang kenyamanan pengunjung.

Dalam rangkaian sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan LTSA penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia asal jatim dilakukan juga pengenalan layanan baru disnakertrans prov jatim. Antara lain : Layanan helpdesk kepulangan PMI di bandara juanda, pengaduan online, bantuan ambulance gratis dan info penempatan.

Khusus layanan Helpdesk di Juanda terdapat fitur menu “SOS Panic Button” yg dibuat untuk membantu memastikan PMI yg terdaftar di counter kepulangan di bandara juanda selamat sampai tujuan. Menu ini merupakan inovasi baru disnakertrans jatim utk meningkatkan aspek perlindungan khususnya kepulangan PMI, yg dpt digunakan dlm kondisi darurat/emergency seperti kecopetan, perampokan, pelecehan atau ada ancaman2 lainnya yg membahayakan diri PMI. Fitur menu ini merupakan tambahan sop tugas disnakertrans selain kepastian yg menjemput, data dan moda penjemput PMI dibandara juanda.

Bagaimana penggunaan fitur menu “SOS Panic Button”?

Cara penggunaan Fitur Menu SoS Panic Button :

  1. Datang dan daftarkan ke counter HelpDesk Kepulangan PMI Disnakertrans Prov. Jatim di bandara Internasional Juanda Surabaya
  2. Unduh aplikasi “simpadu pekerja migran” di Play Store. Pilih Fitur menu “S.O.S. Panic Button” yang kompatibel dengan android versi 8.0.
  3. Scroll ke bawah, klik fitur “Helpdesk Juanda”.
  4. Klik “S.O.S. panic button” dan daftarkan dengan melengkapi data yang dibutuhkan berupa nomor ponsel dan paspor.
  5. Klik ok untuk register di fitur menu Sos Panic Button. Tunggu sampai Program membalas bahwa anda sudah terdaftar dengan tulisan ” selamat anda sekarang sudah terdaftar di fitur menu Sos Panic Button HelpDesk Juanda Disnakertrans Jatim”. Pastikan penggunaannya untuk kondisi mendesak/emergency.
  6. Penggunaan Fitur Menu Sos Panic Button jika terjadi masalah/emergency selama perjalanan PMI pulang ke daerah maka dengan menekan fitur menu tersebut, laporan diterima oleh admin dan segera diteruskan ke satgas Counter PMI Disnakertrans Prov.Jatim di Bandara Juanda.
  7. Petugas Disnakertrans Jatim akan menghubungi pekerja migran bermasalah. Bila diperlukan, berbekal GPS petugas Disnakertrans Jatim akan mendatangi, bahkan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Disnaker Kab/Kota untuk membantu.
Tags :

Related Posts

So to choose lots of possibly the most right for your needs service you’ve got to acquire the essay writing services remarks to create...
So to choose lots of possibly the most right for your needs service you’ve got to acquire the essay writing services remarks to create...
The Number One Question You Must Ask for Migration Definition Biology Internal migration is when folks migrate within the exact same country or region....