BI Tegaskan Bank-Bank Harus Layani Pemegang e-KTP

8 September 2014 | Posted in : KEPENDUDUKAN

SURYA Online, SURABAYA – Sosialisasi agar bank-bank di Kota Surabaya bersedia melayani transaksi pemegang KTP elektronik (e-KTP), terus dilakukan.

Kamis (12/7/2012) hari ini, Bank Indonesia (BI) mengundang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo dan perwakilan bank se-Surabaya terkait sosialisasi penggunaan e-KTP. Suharto Wardoyo menjadi salah satu pembicaranya.

“Acaranya, sosialisasi e-KTP. Intinya, BI instruksikan agar bank-bank bersedia melayani nasabah bank yang membawa e-KTP,” tegas Suharto Wardoyo, Rabu (12/7/2012).

Sejumlah perwakilan bank hadir, termasuk bank yang sebelumnya diberitakan menolak nasabah pemegang e-KTP juga ikut hadir. Bank-bank yang mengutus perwakilannya diantaranya Bank Mandiri, BNI, BCA, dan juga Bank Jatim. Mereka mayoritas tidak keberatan.

“Jadi terkait e-KTP, disepakati semua Bank menerima pelayanan nasabah menggunakan e-KTP, tidak boleh menolak e-KTP,” sambung Anang, panggilan Suharto.

Mantan Kabag Hukum Pemkot ini mengatakan, Dispendukcapil Kota sudah menginstruksikan kepada tiap kecamatan agar warga yang mengambil e-KTP juga diberikan foto copy KTP lama yang sudah dilegalisir.

“Jadi kalau bank nanya KTP lama, bisa diserahkan,” sambung dia.

Tags :

Related Posts

MULAI TAHUN 2016 ANAK WAJIB PUNYA KTP DALAM BENTUK KIA SESUAI PERMENDAGRI NO 2 TAHUN 2016KIA (KTP ANAK)Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki...
Mendagri menjamin kartu e-KTP yang habis masa berlakunya ini masih bisa digunakan untuk mengurus dokumen.   Dengan demikian, Penduduk yang ingin memperbarui Kartu Tanda...
Sebagai tindak lanjut dari Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Nomor. 188/8820/SES tanggal 18 September 2014 perihal Sosialisasi Undang-Undang...