Daftar TKI kini Cukup lewat HP, begini Caranya

4 Mei 2018 | Posted in : BERITA, Headline, KETENAGAKERJAAN

SURABAYA – Mendaftar mejadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI kini makin mudah. Di era serba gadget ini, mendaftar menjadi TKI ke luar negeri cukup melalui HP.

Caranya cukup mengunduh melalui play store atau App store, warga yang ingin menjadi TKI akan dipandu dengan sangat mudah. Mereka juga akan ditunjukkan PJTKI resmi yang akan memberangkatkan ke negara tujuan.

Semua di bawah pengawasan resmi Disnaker Jatim. “Yang terpenting adalah informasi dijamin pasti. Selain itu tidak dipungut biaya alias gratis menjadi PMI,” tutur Kepala UPT Kepala UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) Disnaker Jatim Budi Raharjo, Kamis (3/5/2018).

Sebelum berbasis android, layanan pendaftaran menjadi TKI resmi itu sebelumnya dilayani melalui online. Karena berbasis web sehingga agak ribet. Kini cukup melalui play Store, proses pendaftaran TKI sudah bisa diproses.

Ini adalah salah satu cara Disnaker Jatim memerangi calo TKI yang kerap mendatangi para warga di kampung-kampung. Cukong TKI kerap mengerahkan calo untuk merekrut calon TKI.

Tidak saja akan dikenakan biaya keberangkatan dan biaya lainnya, namun kepastian sebagai TKI resmi dijamin dalam aplikais tersebut. Cukup Unduh melalui Play store SimPadu-PMI (sarana informasi terpadu pekerja migran Indonesia).

Kalau direkrut melalui calo, belum tentu rekrutmen orang lapangan PJTKI akan menempatkan calon TKI sebagai PMI resmi atau legal. Dengan SimPadu-PMI dijamin oleh Pemerintah dipekerjakan dan ditempatkan sesuai bidangnya.

Tidak hanya jadwal keberangkatan, nama perusahaan tujuan, hingga biaya yang diperlukan untuk keberangkatan akan transparan tertera di aplikasi tersebut. Bahkan sangat rinci.

Setiap calon TKI akan dikenakan Struktur biaya pekerja migran. Mulai untuk tujuan Medical Check up, dokumen perjalanan paspor dan Visa, asuransi BPJS, Pelatihan kerja, uji kompetensi, hingga Jasa pelaksanaan penempatan TKI.

Bidang pekerjaan yang dimaksud adalah bidang pekerjaan formal. Mulai dari cleaning Service, penjaga toko, karyawan pabrik, pekerja perkebunan, perawat, hingga bidang keahlian khusus.

Untuk tujuan Malaysia di kisaran Rp 5 jutaan. Nominal ini masih lebih murah dibanding tujuan Hongkong dan Taiwan di kisaran Rp 15 jutaan. Lebih mahal lagi Singapura di kisaran Rp 17 jutaan. Namun, gaji PMI di sana juga rata-rata Rp 9 jutaan.

“Semua dirinci jelas di aplikasi. Namun berlaku sistem potong gaji hingga enam bulan pertama. Semua informasi itu ada di aplikaisi” jelas Ferdi, staf di UPT P2TKI.

Lebih rinci, SimPadu-PMI itu memuat banyak menu penting yang perlu untuk calon TKI. Mulai syarat menjadi TKI, cara mengurus dokumen TKI, direktori atau daftar perusahaan tujuan, hingga perusahaan PJTKI.

Budi yakin bahwa aplikasi yang mudah itu bisa memangkas gerak calo atau cukong TKI. Calon TKI aman dan terjamin, mereka tak akan diganggu calo. Selama ini diakui bahwa calo TKI itu banyak berkembang di hampir semua kampung.

Selain lebih terjamin sebagai pekerja migran legal dan resmi, mereka para calon TKI tak akan dibayang-bayangi pembayaran yang mahal. Selama ini untuk pergi sebagai TKI harus membayar minimal Rp 20 juta.

Red: SURYA.co.id

Tags :

Related Posts

Bertempat di ruang Sidang Utama 2 Disnakertrans Prov. Jatim, Kadisnakertrans Jatim-Setiadjit SH, MM menyerahkan perwakilan kliam asuransi Pekerja Migran Indonesia yang langsung disaksikan oleh...
Pemerintah memberikan penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Perusahaan terkait implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan. Penghargaan bernama Paritrana Award ini diberikan sejak...
Kolaborasi Pembinaan Ekonomi Terpadu Kopi Arabika (Kabinet Arabika) dan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPadu-PMI) Jawa Timur yang masuk 99 top...