Dinaskertrans Provinsi Jatim Buka “JOB MARKET FAIR 2018” Di Kabupaten Tuban

17 Mei 2018 | Posted in : BERITA, Headline, KETENAGAKERJAAN

Setiajit , Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, secara resmi membuka Job Market Fair 2018 yang berlokasi di UPT Pelatihan Kerja Tuban, Selasa (08/05/2018).didamping oleh Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PTSP dan Naker) Tuban, Tajuddin Tebyo, dan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya.

Dalam sambutannya,kepala dinas Disnakertran Jatim ini mengatakan,”kegiatan ini sebagai wadah mempertemukan pengusaha dengan pencari kerja. Bursa kerja terbuka semacam ini dapat menurunkan angka pengangguran terbuka,Juga sebagai upaya untuk memperluas lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja,”kata Setiajit.

Di Kabupaten Tuban, pengangguran terbuka di Kabupaten Tuban yang mencapai 3.49 persen atau sekitar 18 ribu orang dari total angkatan kerja,jumlah ini masih tergolong baik bila dibandingkan dengan angka pengangguran terbuka tingkat provinsi Jawa Timur yang mencapai 4,00 persen maupun tingkat nasional yang mencapai 5,5 persen,” imbuh Setiajit.

Kadis Disnakertran provinsi Jatim yang juga sebagai Pjs. Bupati Jombang ini juga menambahkan “Melalui kegiatan ini, diharapkan angka pengangguran dapat diturunkan. Dengan kata lain, jumlah pencari kerja akan dapat diserap oleh perusahaan, tiap tahun muncul 326 ribu pekerja baru.

Menyikapi hal tersebut, kami akan menyiapkan sekitar 450 ribu lowongan pekerjaan guna menyerap tenaga kerja baru tersebut. Harapannya pada tahun 2019 angka pengangguran terbuka di Jawa Timur dapat ditekan menjadi 3,08 persen

Terkait dengan revolusi industri 4.0, Saya menghimbau kepada semua pihak untuk menyiapkan program kerja untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia. Para pencari kerja diharapkan cakap dalam menggunakan dan mengoperasikan teknologi,bekalilah anak-anak kita dengan penguasaan teknologi,” seru Setiajit.

Sementara itu, Kepala UPT Pelatihan Kerja Kabupaten Tuban, Sigit Priyanto, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang terbuka untuk umum ini diikuti 60 perusahaan dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Tuban, dan Bojonegoro.

Kegiatan ini juga ditargetkan dapat menyerap pencari kerja mencapai 2117 orang, Adapun jenis lowongan pekerjaan yang ditawarkan mulai dari marketing, human resource, perhotelan, industry, mekanik, bahkan tenaga medis. Kualifikasi calon pekerja yang dibutuhkan mulai dari jenjang pendidikan SMA sampai dengan Sarjana. (Tuban, RepublikNews : anto.s )

Tags :

Related Posts

Kolaborasi Pembinaan Ekonomi Terpadu Kopi Arabika (Kabinet Arabika) dan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPadu-PMI) Jawa Timur yang masuk 99 top...
Banyaknya inovasi yang dilakukan oleh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah membuka mata bahwa saat ini ASN...
Image bekerja keluar negeri yang rumit dan birokrasi, mahal dan biaya yang tidak transparan serta kurangnya pemahaman alur bekerja yang aman dan prodesural masih...