Disnakertrans Jatim Fasilitasi Penilaian Angka Kredit Bagi Pejabat Fungsional

10 Agustus 2021 | Posted in : BERITA, Headline, UMUM

Disnakertrans Jatim laksanakan Uji Pengembangan Profesi dan Penilaian Angka Kredit pejabat fungsional di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Periode II (masa penilaian Januari-Juni 2021). Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester ini sebagai media penilaian DUPAK bagi pejabat fungsional. Pembukaan yang digelar secara virtual pada Selasa (10/8/2021) dihadiri oleh seluruh pimpinan unit kerja dan Tim Penilai Angka Kredit jabatan fungsional.

Dalam arahannya saat membuka kegiatan secara virtual Kadisnakertrans Jatim Dr. Himawan Estu Bagijo, SH,MH mengatakan bahwa output dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Penetapan Angka Kredit (PAK) pejabat fungsional di lingkungan Disnakertrans Prov Jatim. Sebagaimana ketentuan yang mengatur jabatan fungsional dan angka kreditnya, Penetapan Angka Kredit (PAK) ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh pejabat fungsional dalam peningkatan karir yaitu proses kenaikan jenjang jabatan maupun kenaikan jenjang kepangkatan.

DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit) merupakan pencerminan kinerja pejabat fungsional. Dengan pendokumentasian kinerja dan pelaporan yang terakumulasi dalam Penilaian Angka Kredit (PAK). DUPAK dibuat secara tertib dan dikumpulkan tepat waktu merupakan aktualisasi dari disiplin dan etos kerja pejabat fungsional. Adapun angka kredit yang dicapai merupakan bagian dari kewajiban realisasi prestasi kerja yang terlaporkan pada E-SKP pejabat fungsional. Oleh karena itu disiplin dan etos kerja yang baik seluruh pejabat fungsional diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme, daya saing dan hasil guna dalam pelaksanaan tugas sebagai aparatur pemerintah khususnya pejabat fungsional.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 ada beberapa ketentuan baru terkait jabatan fungsional ketenagakerjaan yang harus dipedomani, diantaranya Permenpan RB Nomor 30 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Pengawasan Ketenagakerjaan, Permenpan RB Nomor 31 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Penguji K3, Permenpan RB Nomor 82 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Instruktur dan Permenpan RB Nomor 83 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Mediator HI.
Sehubungan dengan ketetapan baru tersebut Kadisnakertrans Jatim meminta agar kepala bidang / kepala UPT yang membidangi untuk sosialisasi serta merumuskan tahapan-tahapan yang harus dipedomani oleh masing-masing pejabat fungsional terkait, segera berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja RI selaku instansi pembina jabatan fungsional tersebut.

Di sela pembukaan acara secara virtual diungkapkan Plt. Sekretaris Disnakertrans Jatim A.Zaifoer, M.Si bahwa sebanyak 56 Tim Penilai teknis akan melakukan penilaian dengan protokol kesehatan yang ketat terhadap 386 DUPAK fungsional instruktur, pengawas ketenagakerjaan, mediator hubungan industrial, pengantar kerja dan penggerak swadaya masyarakat pada tanggal 12-13 Agustus 2021.
Dengan melaksanakan penilaian bersama-sama secara serentak dan rutin setiap semester oleh seluruh tim penilai angka kredit Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur diharapkan penilaian DUPAK bisa lebih efektif. Selain itu permasalahan pada saat penilaian dapat segera diselesaikan melalui diskusi tim dan penetapan angka kredit dapat segera terealisasi. Sehingga hal ini tentunya akan memperlancar proses usul kenaikan pangkat/ kenaikan jenjang jabatan bagi pejabat fungsional yang nilainya sudah memenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.

Tags :

Related Posts

Kepala Disnakertrans Prov. Jatim Bpk. Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH hari ini (Rabu, 22/9/2021) membuka dua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan...
Hari ini (Selasa, 21/9/2021) kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengawas Ketenagakerjaan Indonesia (APKI) Jawa Timur dikukuhkan serentak bersama 6 DPD lain di Indonesia...
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur lakukan monitoring Dan Evaluasi (Monev) pasca pelatihan di UPT Tanjung Buka SP.4 Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan...