Disnakertrans Jatim Gelar Vaksinasi Pekerja/Buruh

25 Juli 2021 | Posted in : BERITA, Headline, UMUM

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi hari pertama PT. Integra Indocabinet, Tbk dan masyarakat sekitar di Jl. Raya Betro No. 678 Sedati, Sidoarjo pada Sabtu (24/7/2021).

Vaksinasi yang rencananya akan diberikan kepada 10.000 pekerja/buruh ini dihadiri pula Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afianta, dan Panglima Komando Armada II (Pangkormada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnuwanto, Deputy Direktur Kanwil Jatim BP Jamsostek Deny Yusyulian.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap selama 4 (empat) hari yang dimulai hari Sabtu (24/7/2021) dengan target vaksinasi sejumlah 2.500 pekerja/buruh di PT. Integra Indocabinet, Tbk. Sedangkan pada hari Minggu (25/7/2021) sejumlah 2.500 orang, hari Senin (26/7/2021) sejumlah 2.500 orang dan hari Selasa (27/7/2021) sejumlah 1.000 orang ditambah 1.500 masyarakat sekitar perusahaan.

Dengan adanya peningkatan penyebaran COVID-19 yang dikhawatirkan menimbulkan dampak pada kelangsungan dunia usaha dan para pekerjanya, Menteri Ketenagakerjaan RI memalui surat Nomor B.M/262/HM.02.00/VII/2021 tanggal 1 Juli 2021 perihal Dukungan Vaksinasi Bagi Pekerja/Buruh, telah meminta dukungan vaksinasi kepada Menteri Kesehatan RI untuk memberikan prioritas vaksinasi kepada pekerja/buruh baik melalui vaksinasi program yang diusulkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi maupun vaksinasi gotong royong yang diusulkan melalui KADIN. Sebagai tindak lanjutnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan instansi terkait melakukan pendataan bagi anggota SP/SB di Jawa Timur yang belum mendapatkan vaksinasi.

Berdasarkan hasil pendataan sementara terhadap anggota serikat pekerja/serikat buruh yang belum mendapatkan vaksinasi tercatat sebanyak 26.117 orang yang tersebar di 8 (delapan) kabupaten/kota di Jawa Timur. Oleh karena itu, diawali dari pelaksanaan vaksinasi di PT. Integra Indocabinet, Tbk. Ini, akan dilakukan vaksinasi terhadap 10.000 anggota serikat pekerja/serikat buruh serta komponen masyarakat di sekitar PT. Integra Indocabinet, Tbk. Langkah ini merupakan langkah awal untuk selanjutnya dilakukan vaksinasi secara bertahap terhadap seluruh pekerja/buruh lainnya di Jawa Timur sebagaimana yang telah didata.

Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Timur Gubernur Jawa Timur menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada PT. Integra Indocabinet, Tbk. serta pihak-pihak yang telah mendukung terwujudnya pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja/buruh di Jawa Timur. Hal ini menunjukkan bukti tanggung jawab sosial bersama, baik pemerintah maupun kalangan industri terhadap pekerja/buruh yang menjadi aset yang strategis dan tidak ternilai bagi Jawa Timur.

Diharapkan, melalui upaya bersama yang dilakukan ini, segera terwujud herd immunity di Jawa Timur. Sehingga kondisi ketenagakerjaan di Jawa Timur tetap aman, kondusif, dinamis dan sehat sehingga roda perekonomian di Jawa Timur tetap dapat berjalan dengan baik dan berdampak positif pula bagi seluruh komponen masyarakat Jawa Timur.

Kadisnakertrans Jatim memegang teguh komitmennya untuk mengawal dan menggencarkan kegiatan vaksinasi bagi pekerja/buruh di Jawa Timur.

Tags :

Related Posts

Kepala Disnakertrans Prov. Jatim Bpk. Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH hari ini (Rabu, 22/9/2021) membuka dua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan...
Hari ini (Selasa, 21/9/2021) kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengawas Ketenagakerjaan Indonesia (APKI) Jawa Timur dikukuhkan serentak bersama 6 DPD lain di Indonesia...
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur lakukan monitoring Dan Evaluasi (Monev) pasca pelatihan di UPT Tanjung Buka SP.4 Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan...