Disnakertrans Jatim Luncurkan GEMAS-PRO (Gerakan Massif Produktifitas dan Resmikan Klinik Produktivitas

28 Juni 2021 | Posted in : BERITA, UPT BLP2TK

Disnakertrans Provinsi Jawa Timur melalui UPT Balai Latihan Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja (BLP2TK)  meluncurkan GEMAS-PRO (Gerakan Massif Produktifitas) sekaligus meresmikan Klinik Produktivitas di Kantor Disnakertrans Jatim Jl. Bendul Merisi Surabaya pada Rabu (2/6/2021). Layanan public yang diresmikan langsung oleh Kepala Disnakertrans Jatim Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH merupakan inovasi layanan di UPT BLP2TK yang didalamnya ada system aplikasi dan fasilitasi klinik produktivitas sebagai tempat pemnyediaan database dan informasi, layanan konsultasi, sharing dan pengkajian pengembangan produktivitas.

Kepala Disnakertrans Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa GEMAS-PRO ini merupakan aplikasi NAWA BHAKTI SATYA Gubernur Jawa Timur pada Bhakti ke-2 yaitu Jatim Kerja, maka salah satu indicator capaian kinerja Disnakertrans Jatim adalah meningkatkan kualitas, produktivitas dan kompetensi tenaga kerja pada masa pandemic covid 19.

“Sebagaimana slogan Ibu Gubernur Jatim Jatim Bangkit UPT BLK2TK yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis Disnakertrans Jatim harus inovatif dan produktif dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam melaksanakan pelatihan, bimbingan konsultasi, pengukuran dan analisis produktivutas tenaga kerja di perindustrian/perusahaan, pemerintah dan masyarakat.  Ini adalah hal yang penting untuk dilaksanakan secara lebih terintegrasi, focus, massif dan berkelanjutan” kata Himawan.

Kadisnakertrans Jatim menambahkan bahwa saat ini sektor UMKM merupakan penyangga perekonomian masyarakat. Dengan jumlah UMKM sebanyak 9.782.262, dengan rincian UMKM skala mikro 9.133.859, skala kecil 579.567 dan skala menengah 579.567. Dengan melihat besarnya jumlah UMKM di Jawa Timur  ini merupakan hal yang penting untukmenjadikannya sebuah prioritas dalam hal  pemberdayaan sektor UMKM. Yang tentunya ini merupakan tugas kita Bersama baik itu apparat pemerintahan, perusahaan, praktisi maupun akademisi agar sektor usaha mampu bertahan mengikuti tuntutan dan kebutuhan pasar, terlebih lagi di masa pandemic seperti sekarang ini.

“Saya berharap produk UMKM mampu bersaing dengan produk impor yang saat ini sudah banyak di pasar nasional kita” kata Himawan Dalam menutup arahannya Kadisnakertrans jatim mengapresiasi baik atas inovasi layanan pada UPT BLP2TK. Semoga pengguna layanan ini lebih meningkatkan produktivitas, pemberdayaan, pengembangan iklimberusaha yang kondusif dan berdaya saing global. Serta memajukan pembangunan dan mewujudkan ekonomi Jawa timur yang lebih baik.

Tags :

Related Posts

Surabaya, 18/10/2021. Surabaya menjadi tempat dilaksanakan “ Japan Career Fest ” bertujuan untuk mempertemukan peluang kerja ke Jepang melalui program Specified Skilled Worker (SSW),...
Dalam rangka mewujudkan Hubungan Industrial yang harmonis dengan memastikan pemenuhan syarat kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Kadisnakertrans Jatim Dr. Himawan Estu Bagijo,SH,MH secara resmi...
Dalam rangka pendampingan dan sebagai bentuk support kepada para atlet Cabang Olah Raga (CABOR) ANGGAR Kadisnakertrans Jatim Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH dan...