Disnakertrans Prov Jatim Gelar Uji Kompetensi Pengawas Ketenagakerjaan

20 Januari 2021 | Posted in : BERITA, Headline, KETENAGAKERJAAN

Disnakertrans Prov. Jatim gelar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Pengawas Ketenagakerjaan Selasa (19/1/2021) di Ruang Rapat Wawasan Disnakertrans Surabaya. Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 secara ketat, kegiatan ini diikuti oleh 5 orang pengawas ahli muda dan 16 orang pengawas ahli pertama. Dan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Disnakertrans Prov. Jatim No. 821.2/021/108.1/2021 tgl 11 Januari 2021 ditunjuklah 11 orang Tim penilai yang terdiri dari pejabat struktural pada Bidang Pengawasan dan Pengawas ahli madya yang punya kompetensi melakukan penilaian.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dr. Himawan Estu Bagijo, SH,MH Kadisnakertrans Prov. Jatim  ini dihadiri pula Tim Pendamping Penilai Ujikom dari Ditjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan RI secara virtual.

Dalam arahannya Bu Lena Kurniawati, ST, MKKK selaku Tim pendamping dari Pusat meyakinkan bahwa Uji Kompetensi dilaksanakan bukan hanya untuk mendapatkan sertifikat untuk naik jenjang saja tetapi merupakan suatu proses perbaikan baik dari sisi individu SDM pengawas maupun perbaikan SOP tata laksana serta kelembagaan pengawas Ketenagakerjaan. Hal inilah menjadi suatu semangat yang tinggi bagi jajaran tim penguji yang senantiasa merespon dengan baik kebijakan-kebijakan yang ada di pusat.

Akan ada perubahan pada petunjuk pelaksanaan Ujikom pada periode selanjutnya, kata Bu Lena. Sesuai dengan arahan dan perubahan UU yang sudah ada dan juga mengacu pada UU no 5 tahun 2014  bahwa ASN wajib memiliki 3 (tiga) aspek kompetensi yaitu kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural.

Bu Lena menambahkan bahwa dengan disetujuinya Permenpan No.91 tahun 2020 mengenai standar kompetensi Pengawas ketenagakerjaan maka tuntutan masyarakat terhadap profesionalisme pengawas ketenagakerjaan bisa diwujudkan.

Bpk Himawan, pada sambutannya mengatakan bahwa Dinas mendukung secara penuh seluruh pejabat fungsional dalam hal ini tidak hanya fungsional pengawas ketenagakerjaan.

Dukungan ini berupa fasilitasi peningkatan kompetensi, kenaikan jabatan, kenaikan pangkat sehingga diharapkan ini merupakan spirit bagi pejabat fungsional untuk terus meingkatkan kompetensi, profesionalitas dan knowledge yang bagus. Bpk Himawan berpesan kepada pengawas ketenagakerjaan peserta ujikom supaya mengikuti dengan baik kegiatan ini.Dan atas nama Disnakertrans Prov Jatim Bpk Himawan mengucapkan terimakasih kepada Tim Pendamping Pusat atas arahan dan bimbingannya, juga kepada Tim Penilai ujikom supaya melaksanakan tugas secara professional dan sesuai SOP penilaian.

Tags :

Related Posts

Sebanyak 1812 SK CPNS diserahkan secara langsung dan secara virtual oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak  di Ruang Rapat Hayam Wuruk Kantor...
Jatim Newsroom – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Prov Jatim mendapat apresiasi berupa “Aspataki Award” dari Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (Aspataki), di...
Jatim Newsroom – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim menggelar Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya Daerah Provinsi Jatim Tahun 2020 di Graha Barunawati Surabaya, Selasa (24/11/2020). Anugerah...