Satu Juta Warga Ber-KTP Elektronik

8 September 2014 | Posted in : KEPENDUDUKAN

SURABAYA – Perekaman KTP elektronik (e-KTP) untuk data 2011 ditargetkan selesai akhir bulan ini. Akibatnya, pemkot harus ngebut menyelesaikan proses tersebut . Paling tidak, hingga batas akhir nanti, mereka bisa merekam 90 persen.

Dari keseluruhan wajib KTP 2011. Hal itu di ungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya Suharto Wardoyo kemarin (3/4).” Memang mungkin tidak seluruhnya terekam.Paling tidak bisa 90 persen,” Katanya.

Meski tak yakin bisa menyelesaikan semuanya, Suharto mengaku optimistis bisa mendata 45 persen selama sebulan terakhir. Hal itu di sebebkan jumlah alat yang sudah di tambah. Selain itu, beberapa wilayah telah memasuki masa penuntasan dalam perekaman data. ”Nanti alat di kecamatan yang sudah selesai bisa dialihkan ke tempat yang masih padat” sambungnya. Hingga Senin (2/4) pemkot sudah merekam data 968.665 wajib KTP atau 43,3 persen. Diperkirakan, kemarin data tersebut sudah menembus 1 juta atau 45 persen. Pada akhir bulan ini, pemkot berharap setidaknya bisa merampungkan perekaman pada 1,9 juta orang. Atau 90 persen dari total wajib KTP Kota Surabaya, yakni sebanyak 2.232.445.

Suharto menjelaskan, jumlah alat yang ada saat ini dirasa cukup. Pasalnya, pihaknya baru saja mendapatkan tambahan 30 unit peranti perekaman dari konsorsium. Sebelumnya di seluruh kota, hanya ada 118 set alat perekaman.

Akibatnya,beberapa wilayah yang wajib KTP cukup banyak masih kekurangan alat. ”Sekarang sudah tidak lagi. Yang mendapatkan tambahan seperti Kecamatan Sawahan, Semampir, Wonokromo, dan Genteng,” ungkapnya.

Suharto mengaku belum bisa menghitung secara pasti berapa banyak percepatan perekaman data setelah ada alat tambahan. Yang jelas, selama Maret, jumlah masyarakat yang terlayani bertambah 20 persen. ” Karena baru sekitar seminggu, jadi belum tampak. Pertengahan bulan ini mungkin sudah kelihatan jumlah pertambahannya,” terangnya.

Sumber : Jawa Pos (4 April 2012)

Tags :

Related Posts

MULAI TAHUN 2016 ANAK WAJIB PUNYA KTP DALAM BENTUK KIA SESUAI PERMENDAGRI NO 2 TAHUN 2016KIA (KTP ANAK)Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki...
Mendagri menjamin kartu e-KTP yang habis masa berlakunya ini masih bisa digunakan untuk mengurus dokumen.   Dengan demikian, Penduduk yang ingin memperbarui Kartu Tanda...
Sebagai tindak lanjut dari Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Nomor. 188/8820/SES tanggal 18 September 2014 perihal Sosialisasi Undang-Undang...