Tiba dari Kalbar, Ratusan Eks Gafatar Inap di Transito Disnakertransduk

9 Februari 2016 | Posted in : Headline, KETRANSMIGRASIAN

Tiba dari Kalbar, Ratusan Eks Gafatar Inap di Transito Disnakertransduk

Jatim Newsroom- Ratusan warga mantan anggota Gafatar asal Jatim yang dipulangkan dari Mempawah Kalbar tiba dan menginap di penampungan sementara di Asrama Transito Disnakertranduk Jatim di Jl Margorejo no 74 Surabaya, Sabtu (23/1).

Soekarwo, Gubernur Jatim berkesempatan mengunjungi dan berdialog dengan mantan anggota Gafatar yang baru tiba pukul 05.00 WIB pagi tadi meminta agar para warga Jatim ini (eks Gafatar) untuk sabar di penampungan untuk beberapa hari ke depan. “Sabar dulu ya Bapak dan Ibu. Ayo direnungkan dan segera mengubah jalan hidup baik itu hubungan dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia,” kata Soekarwo di Aula Transito.

Dalam dialog, Soekarwo juga menanyakan apa saja yang dibutuhkan warga terutama ibu-ibu yang memiliki anak kecil, agar segera dicukupi oleh pemprov selama di penampungan. Selain itu, Pemprov Jatim juga memberikan uang saku sebesar Rp 500 ribu per KK untuk dapat dijadikan pegangan selama di penampungan.

Soekarwo menjelaskan, untuk kedatangan tahap pertama ini jumlah warga Jatim yang sampai di Surabaya sebanyak 389 dari 6 Kabupaten/Kota. “Pemulangan ini akan terus bertambah. Kita terus berkoordinasi dengan Kalimantan Barat,” ujarnya.   “Pemprov bersama Polri dan TNI  akan carikan jalan agar anda bisa kembali menjali kehidupan normal ketika pulang ke daerah asal masing-masing, tentu normal menurut lingkungan, bukan menurut pendapat individu, karena kita hidup bermasyarakat, dan anda adalah masyarakat Jatim. Sudah kewajiban kami untuk membantu anda,” kata Pakde Karwo ketika mengunjungi tempat penampungan eks Gafatardi Asrama Transito Dinas Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Jl. Margorejo Surabaya, Sabtu (23/1) pagi. Pakde Karwo menjelaskan, untuk sementara, para pengungsi akan diberikan tempat tinggal ssementara di Asrama Transito Disnakertransduk. Di tempat ini, mereka akan diurus oleh pemerintah, mulai dari makanan, keamanan, dan lainnya. Para pengungsi juga didampingi dan diberi siraman rohani oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kadisnakertransduk Prov. Jatim (Drs. Soekartfo, MSi) menyatakan kesiapannya menampung eks Gafatar asal Jatim. “ Gedung transito bersama karyawan Disnakertransduk siap membantu dan berkoordinasi dengan instansi lain agar misi kemanusian ini dapat berjalan dengan lancar. Di Transito, eks Gafatar mendapat tempat istirahat yang layak, MCK dan makan 3 kali sehari yang disediakan oleh dapur umum kantor Margerejo. Mereka sementara ditampung sampai nanti dijemput oleh perwakilan Pemkab/Kota masing-masing. (ris/jatimprov.go.id)

Tags :

Related Posts

Kolaborasi Pembinaan Ekonomi Terpadu Kopi Arabika (Kabinet Arabika) dan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPadu-PMI) Jawa Timur yang masuk 99 top...
Image bekerja keluar negeri yang rumit dan birokrasi, mahal dan biaya yang tidak transparan serta kurangnya pemahaman alur bekerja yang aman dan prodesural masih...
Memberikan pelayanan terhadap masyarakat terus dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, diantaranya dengan membuka posko ketenagakerjaan yang menyangkut pengaduan Tunjangan Hari Raya...