Disnakertrans Jatim Fasilitasi Sosialisasi SELEKDA Calon Kompetitor ASC XIII Tahun 2022

Disnakertrans Jatim Fasilitasi Sosialisasi SELEKDA Calon Kompetitor ASC XIII Tahun 2022

Sosialisasi Seleksi Daerah (SELEKDA) Calon Kompetitor Asean Skills Competition (ASC) XIII tahun 2022 telah dilaksanakan di kantor Disnakertrans Jatim pada Rabu (13/4/2022). Kegiatan yang biasa disebut Worldskills ASEAN merupakan kompetisi keterampilan antar negara-negara Anggota ASEAN, yang pelaksanaannya diselenggarakan 2 (dua) tahun sekali yang semula pada tahun genap, menjadi tahun ganjil. Narasumber yang hadir pada acara tersebut dari Direktorat Bina Standarisasi Kompetensi Program Pelatihan Kemnaker RI dan narasumber dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri) Surabaya. Hadir pula peserta undangan dari Lembaga Pendidikan dan instansi terkait yang berpotensi sebagai calon competitor ASC (SMK, LPK, Dinas Pendidikan, Dinas yang membidangi ketenagakerjaan Kab/kota).

Disampaikan oleh narasumber dari Direktorat Bina Standarisasi Kompetensi Program Pelatihan Kemnaker RI bahwa pada ASC XII Bangkok, Thailand tahun 2018, Indonesia berhasil meraih Juara ke-II, dengan perolehan 13 medali emas, 6 medali perak, 8 medali perunggu dan 7 medallion of excellence (kompetitor berhasil mencapai standar ASC). Diharapkan, saat ini prestasi Indonesia di ajang ASC harus semakin ditingkatkan oleh karena itu perlu dilakukan langkah dan tahapan persiapan yang matang dan berkualitas antara lain melalui proses Seleksi Daerah (SELEKDA).

Narasumber menambahkan metode pelaksanaan SELEKDA XIII dengan dua sistem, yaitu blended penggabungan antara daring dan luring. Tahapan metode blended dimulai dari Pendaftaran Online melalui Website, Melengkapi Dokumen Administrasi, Familiarisasi Website Kompetisi, Pretest Online Calon Kompetitor, Penyampaian Hasil Seleksi & Pemanggilan Kompetitor dan untuk medote blanded dilakukan secara offline di 14 Provinsi. Sedangkan tahapan yang dilakukan dalam metode online diantaranya : pendaftaran online melalui website Melengkapi Dokumen Administrasi Penyampaian Kisi-kisi Materi Test Project Familiarisasi Website, Kompetisi dan untuk metode online/daring dapat diikuti oleh 34 Provinsi.

Pendaftaran online dilaksanakan pada tanggal 9-20 Mei 2022, sedangkan dalam pembagian cluster sebaran wilayah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Utara dan Maluku dapat mengikuti Kompetisi di wilayah Jawa Timur dengan bidang kejuruan mechatronics dan mobile robotics, sedangkan untuk persyaratannya adalah :

  1. Usia max 20 th dan 22 th untuk kejuruan Mechatronics,
  2. Minimal lulusan SLTA/sederajat dibuktikan dengan fotocopy ijazah terakhir/ memiliki kompetensi teknis dibuktikan dengan hasil wawancara atau rekomendasi dari institusi.
  3. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan keterangan dokter Puskesmas/ Rumah Sakit Pemerintah),
  4. Memiliki sertifikat Vaksin Covid-19 tahap 1 dan 2,
  5. Mendapatkan persetujuan dari Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelatihan dan Pimpinan Instansi/Perusahaan,
  6. Seluruh dokumen persyaratan diunggah melalui website https://inaskills.kemnaker.go.id,
  7. Memiliki kompetensi teknis sesuai kejuruan yang dipilih,
  8. Memiliki Penampilan menarik dan Tinggi / Berat Badan Proporsional (kejuruan tertentu),
  9. Tidak buta warna,
  10. Khusus metode Full Online harus mampu mengoperasikan personal computer (PC)/ Gawai berdasarkan spesifikasi bidang kejuruan yang diikuti dan koneksi internet yang memadai

Untuk Pendaftaran dan seleksi secara online melalui laman website : inaskills.kemnaker.go.id

Previous Disnakertrans Prov Jatim Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Pasca Pelatihan di Kab. Mamuju Tengah, Prov. Sulawesi Barat

Leave Your Comment

Connect With Us

Disnakertrans Prov. Jatim

Jl. Dukuh Menanggal No. 124-126, Surabaya (60234)

Jam Operasional :

Senin– Kamis : 08.00 – 16.00 WIB

Jumat : 07.30 – 16.00 WIB

Copyright by Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved