Disnakertrans Jatim gelar Rakor dan Sinergitas Bidang Latpro

Disnakertrans Jatim Gelar Rakor dan Sinergitas Bidang Latpro

 

Disnakertrans Jatim menggelar Rapat Koordinasi dan Sinergitas Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Latpro) yang bertempat di Grans Swiss Bellhotel Darmo Surabaya selama dua hari, Selasa (4/5) dan Rabu (5/5).

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang diantaranya Kepala Disnaker yang menangani ketenagakerjaan kabupaten/kota dan yang mewakili, UPT di lingkungan Disnakertrans Jatim. Sedangkan narasumber berasal dari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas) Kemnaker RI dan Peneliti Brida Provinsi Jawa Timur. Revitalisasi pelatihan vokasi menjadi bahasan utama pada kegiatan ini yang dilanjutkan dengan pengukuran produktivitas tenaga kerja. Kedua bahasan ini sampaikan oleh narasumber dari Ditjen Binalavotas.  Sedangkan tantangan dan permasalahan penerapan perpres nomor 68 tahun 2022 menjadi bahasan penting Peneliti Brida Prov Jatim.

Saat membuka kegiatan, Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto, ST., MM mengatakan fokus dari kegiatan koordinasi dan sinkronisasi serta sinergitas ini adalah mengevaluasi program pelatihan dan produktivitas Tahun 2022 dan 2023 serta rencana kegiatan tahun 2024.

Sigit menambahkan kondisi ketenagakerjaan di masa mendatang, diperlukan kebijakan ketenagakerjaan yang fleksibel. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan melakukan ekosistem ketenagakerjaan yang kondusif bagi pengusaha dan bekerja, serta dapat memperluas lapangan kerja.

“Selain itu, perlindungan tenaga kerja melalui jaminan kehilangan pekerjaan, jaminan pelatihan dan sertifikasi juga harus didorong untuk menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang fleksibel dan kompetitif, ” ujarnya.

Dalam rangka mendukung pembangunan SDM berkualitas , maka capaian atau keberhasilan pembangunan nasional di bidang ketenagakerjaan akan terwujud apabila terbangun sinergitas antara provinsi dan kabupaten kota. “Dengan sinergikan pembangunan Ketenagakerjaan di tingkat pusat dan daerah, diharapkan pembangunan SDM dapat berjalan maksimal, ” kata Sigit

“Marilah kita membangun sinergitas dan kolaborasi secara baik dengan komitmen yang tinggi, antara provinsi dan kabupaten kota untuk mencapai hasil yang maksimal. Teamwork menjadi suatu keharusan, dan tidak ada lagi sekat-sekat antara pusat dengan daerah, ” pungkasnya.

Dengan kegiatan sinkronisasi dan sinergitas ini, diharapkan dapat tercipta sinergi dan kolaborasi, antara aspek holder di pusat dan daerah yang dapat menjadi solusi efektif dalam mewujudkan SDM unggul Jawa Timur maju menuju generasi Indonesia emas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jatim, Dwi Andriyani Suryati, S.Sos., M.M menyampaikan tujuan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinergitas Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Latpro) yaitu agar terjalin sinergitas dalam pelatihan dan produktivitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jatim.

“Kami harapkan melalui kegiatan ini ada peningkatan koordinasi dan sinergitas terkait dengan data data bidang pelatihan dan produktivitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jatim, sehingga keberhasilan dalam pelaksanaan program pelatihan pada lembaga pelatihan kerja pemerintah maupun lembaga pelatihan kerja swasta mampu diwujudkan” katanya.

Yang paling penting, mampu membangun komitmen bersama antara Pemprov Jatim dan Kabupaten/Kota di Jatim untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka penyiapan SDM unggul Indonesia Emas.