Disnakertrans Jatim gelar Sinergitas Pemasyarakatan HI dengan Stakeholder Terkait.

Naker.News-Mojokerto. Disnakertrans Jatim laksanakan Sinergitas pemasyarakatan hubungan industrial dengan stakeholder terkait di Hotel Aston and conference Mojokerto pada Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 (lima puluh) orang peserta yaitu para kepala sekolah dan ketua BKK di Jawa Timur. Bersama narasumber dinataranya Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dandy Prayitno dari KSPSI Provinsi Jawa Timur dan Ir. Bambang Danundriyo, S.H., dari unsur Apindo Jawa Timur, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam menciptakan  hubungan industrial yang harmonis, kondusif, dinamis dan berkeadilan di Provinsi Jawa Timur.

Menyampaikan sambutan Kepala Disnakertrans Jatim pada saat pembukaan acara, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsos, Hasan Mangalle, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu langkah aktif dan responsif dalam upaya untuk menyamakan visi, misi dan persepsi para stakeholder khususnya kepada para siswa/siswi smk/sederajat yang akan segera terjun dalam dunia kerja yang semakin lama semakin kompleks dan kompetitif. Sehingga menuntut produktivitas tinggi dan keterampilan yang memadai dalam merespon permintaan pasar kerja.

Hasan menambahkan bahwa acara ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan secara terbuka kepada para pemangku kepentingan khususnya kepada para para siswa/siswi smk/sederajat akan pentingnya pengetahuan seputaran dunia kerja pada umumnya serta  hubungan industrial pada khususnya.  

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa masih banyaknya lulusan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur. Sebagaimana data BPS bahwa lulusan SMK memiliki TPT tertinggi di Jawa Timur, yaitu sebesar 6,42 persen disusul  lulusan  Sekolah Menengah Atas  (SMA) yang  memiliki TPT sebesar 4,64 persen.

Pada kesempatan yang sama Kasi Kelembagaan Hubungan Industrial, Sugeng Lestari, SH, MH menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif mengenai hubungan industrial dan hal – hal yang terkait dengannya.

Selain itu diharapkan melalui kegiatan kali ini, akan menghasilkan komitmen untuk meningkatkan dan memantapkan kualitas kita, sehingga dapat berperan sebagai salah satu element kekuatan pembangunan ketenagakerjaan, khususnya dalam rangka menciptakan hubungan industrial yang harmonis, kondusif, dinamis dan berkeadilan di provinsi Jawa Timur.