INTAN Jatim Gelar Eps 11 Dengan Tema Manajemen Stress Di Tempat Kerja

Naker.News-Surabaya. INTAN Jatim (Informasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi) kembali menggelar webinar dengan mengusung tema “manajemen stress di tempat kerja” melalui zoom meeting dan streaming melalui youtube channel “Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi”.  Pada Episode 11 kali ini INTAN Jatim menghadirkan 2 orang narasumber. untuk mengisi ruang virtual dan memberikan informasi ketenagakerjaan kepada masyarakat, yaitu Soehananik, SKM penguji K3 ahli madya dan seorang psikolog yang juga seorang dosen Poltek Perkapalan Surabaya, Ponti A Karamina S.Psi.,M.Psi. Di episode ini, INTAN Jatim hadir dengan suasana berbeda. Kolaborasi bersama Naker Band sebagai pengiring acara memberikan rona tersendiri ruang virtual ini.

Kadisnakertrans Prov.Jatim Sigit Priyanto, ST., MM saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa Sangat penting untuk menjaga keselamatan kerja, mulai dari masuk kerja hingga paripurna. Keselamatan menjadi prioritas utama dan kesehatan itu segalanya, tanpa kesehatan itu tidak ada artinya. Terkadang kita dihadapkan situasi tertentu yang membuat stres, jika tidak diperhatikan bisa menimbulkan gangguan fisik dan tidak konsen bekerja. Semoga dengan adanya pembicara ini bisa memberikan pencerahan tentang mengelola stres agar tidak mengganggu pekerjaan kita.

Narasumber Soehananik, SKM selaku pemateri pertama menyampaikan materinya mengenai Faktor Psikologi Di Tempat Kerja. Seperti ketidaksesuaian kemampuan diri dengan pekerjaan yang dimiliki, beban kerja berlebih dan tekanan dari atasan dapat menimbulkan stres.

Pada sesi berikutnya, narasumber psikolog Ponti Almas membahas cara Bersahabat Dengan Stres. Disampaikan bahwa dampak positif dari bersahabat dengan stres adalah membuat diri menjadi lebih waspada, sehingga bisa mempersiapkan diri dan mengantisipasi konsekuensi.  Stres adalah sesuatu yang alami, yang harus diwaspadai yaitu ketika stres berlangsung lama dan berkelanjutan. Cara bersahabat dengan stres yaitu dengan menyadari emosi, lalu atur napas, kemudian temukan teman berdiskusi yang dipercaya. Jika emosi terus disimpan maka suatu saat akan menjadi bom waktu.

Pada akhir sesi INTAN Jatim, pemateri memberikan closing statement, Ponti A Karamina, S.Psi., M.Psi mengatakan “kenali diri kita dan minta bantuan profesional tanpa rasa malu untuk menjaga kesehatan mental”. Soehananik, SKM mengatakan bahwa “sebaiknya kita melakukan pendekatan dengan rekan kerja agar faktor psikologis ini bisa ditekan semaksimal mungkin”.