KEPALA DISNAKERTRANS JATIM HADIRI PERTEMUAN FKP MOJOKERTO

Naker.News-Mojokerto. Forum Komunikasi Personalia (FKP) Mojokerto menggelar acara pertemuan di Hotel De Resort kawasan bypass Mojokerto hari ini Selasa (14/5/2024). Pertemuan organisasi profesi personalia atau HRD (human resource development) di wilayah Mojokerto ini merupakan pertemuan yang rutin dilaksanakan secara periodik. Dalam rangka menjalin komunikasi dengan Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Provinsi Jawa Timur, FKP mengundang Kepala Disnakertrans Jawa Timur Sigit Priyanto, ST, MM. Kadisnakertrans Jatim hadir didampingi Kepala BLK Mojokerto Sri Andayati, SE, MM bersama Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran BLK Mojokerto Suratman, SH. Tidak hanya itu, Kepala Seksi Penegakan Hukum Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Disnakertrans Jatim Defri Rizal Fadli, SH juga hadir bersama Kepala Subkorwil Pengawasan Ketenagakerjaan Mojokerto Taufik Hidayat, SE. Hadir pula Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Amat Susilo. 

Kadisnakertrans Jatim di hadapan para fungsionaris personalia yang berasal dari berbagai perusahaan di Mojokerto itu menyampaikan bahwa tantangan dunia usaha dan dunia industri tidak mudah, apalagi menyongsong Indonesia Emas 2045 yang akan datang. Menyiapkan pekerja yang kompeten di era industri 4.0 dan globalisasi menjadi pekerjaan personalia saat ini. Oleh karena itu, para pejabat personalia di perusahaan dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan jejaring dalam mendapatkan pekerja yang berkualitas di dunia kerja. Kerja sama dengan berbagai stakeholder baik pemerintah maupun nonpemerintah menjadi penting. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Mojokerto untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang dibutuhkan. Alumni BLK Mojokerto yang sudah dilatih dan memiliki sertifikasi kompetensi bisa menjadi calon pekerja yang direkrut oleh perusahaan. Terkait dengan perkembangan regulasi ketenagakerjaan, personalia dapat berkerjasama dengan Pengawas Ketenagakerjaan. 

Di akhir sesi, informasi tentang aktivasi KTP digital disampaikan oleh Kadispendukcapil Kabupaten Mojokerto kepada audiens bahwa saat ini kebutuhan Identitas Kependudukan Digital menjadi penting. Berbagai layanan di pemerintahan maupun dunia usaha saat ini sudah mulai menggunakan KTP digital. (rb)