Melatih Kesiapsiagaan Tanggap Darurat, UPT K2 Menyelenggarakan Pelatihan ERP gratis kepada perusahaan

Naker.News-Surabaya. UPT Keselamatan Kerja (K2) Surabaya mengadakan emergency response plan selama 2 hari selasa dan rabu (25-26/6/2024) di ruang pelatihan UPT Keselamatan Kerja Surabaya. Pelatihan ERP ini dibuka oleh Ibu Kepala UPT K2, Ibu Erna Wurjanti ST MT dan didampingi oleh Bapak Bambang Agus Hardoyo ST. Untuk hari pertama materi diisi oleh 3 narasumber dari UPT K2. Kepala UPT Keselamatan Kerja Surabaya Provinsi Jawa Timur Erna Wurjanti Rabu (26/6/2024) mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan pelatihan emergency response plan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pengertian kepada peserta pelatihan tentang pengenalan resiko bahaya kebakaran dan penanggulangannya.

Pelatihan Emergency Response Plan ini, karena untuk memenuhi peraturan perundang – undangan Ketenagakerjaan yaitu UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Kep.186/Men/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : Per.04/Men/1980 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan APAR. Selain materi terkait dasar K3 dan identifikasi bahaya, para peserta juga dibekali tentang cara pemadaman kebakaran, perencanaan tanggap darurat, teknik evakuasi dan praktek pemadaman kebakaran.

Dalam pelaksanaan ERP, unit penanggulangan kebakaran yang dibentuk di tempat kerja memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Ada yang berperan menjadi pemadam kebakaran, ada juga yang berperan untuk melakukan pertolongan pertama di tempat kerja jika ada yang mengalami kecelakaan kerja dan pembagian tanggung jawab lainnya. Oleh karena itu setiap tempat kerja harus memiliki unit penanggulangan kebakaran di tempat kerja yang siap dan mampu melakukan penanggulangan jika terjadi kebakaran atau keadaan darurat serta dapat memberikan pertolongan ketika terjadi kecelakaan kerja maupun kegawatan medik.

Kegiatan ERP juga dilakukan dengan pelaksanaan praktek ERP di kantor UPT K2 mulai dari praktek kondisi darurat hingga praktek penggunaan alat pemadaman api seperti hydrant ataupun APAR. kemudian kegiatan ditutup Kepala Seksi Pelatihan Keselamatan Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja, Pak Bambang Agus Hardoyo ST. Alhamdulillah pelatihan ERP ini berjalan dengan baik dan lancar. Terimakasih kepada para narasumber dan juga para peserta yang sudah sangat antusias dan aktif saat mengikuti pelatihan ini lanjut disampaikan Bambang. (Mar)