UPT BLK Madiun laksanakan Uji Kompetensi Las SMAW 6 G peserta pelatihan

Naker.News - Madiun. UPT BLK Madiun melaksanakan Uji Kompetensi untuk pelatihan Las SMAW 6G (Pengelasan Pipa 6G) pada Senin (28/8/2023). Kegiatan ini diikuti diikuti sebanyak 16 Siswa yang telah menyelesaikan masa pelatihan Pengelasan pipa posisi 6G. Pelatihan yang telah dilaksanakan selama 60 hari atau 3 bulan ini memberikan pembekalan kepada siswa materi teori dan praktik pengelasan. Pada pelatihan las SMAW 6G ini siswa terlebih dahulu diberikan materi dan praktik pengelasan pelat posisi 3G. Apabila siswa dirasa menguasai materi tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi sekaligus praktik pengelasan pipa posisi 6 G.

Proses uji kompetensi ini diawali dengan mengisi form identitas diri, tes tulis, praktek yang diikuti observasi oleh assesor dan ditutup dengan wawancara. Hasil uji kompetensi dinyatakan bahwa sebanyak 75% dari peserta Pelatihan dan Sertifikasi Pengelasan Pipa 6G dinyatakan kompeten oleh assesor dan berhak untuk disebut sebagai Welder yaitu posisi tertinggi dalam tingkatan pengelasan.

Pada kesempatan yang sama Plt. Kasi Pelatihan dan sertifikasi, Wahyu Nugroho Prabowo Sakti, S.H menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan yang telah lulus bahwa Skill las menjadi kebutuhan penting di industri-industri besar. Las SMAW 6G adalah pengelasan tertinggi di bidang las listrik. Fasilitasi pengembangan diri ini bisa diperoleh di Disnakertrans Jatim secara gratis. 

"Meski sertifikasi kompetensi telah didapatkan, jangan langsung berpuas diri. Terus tingkatkan skill karena ilmu las itu sangat luas dan pasti dibutuhkan," Wahyu menambahkan. Diharapkan bekal keterampilan las yang sudah dimiliki para peserta menjadi sarana pembuka jalan masa depan yang lebih baik.