Tingkatkan kemitraan BLK dan perusahaan industri melalui program FKLPID Mojokerto

Naker.News-Mojokerto. Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPID) Mojokerto hari ini menuju babak baru. Rapat reorganisasi pengurus FKLPID Mojokerto yang difasilitasi oleh BLK Mojokerto telah menghasilkan ketua dan wakil ketua yang baru untuk periode kepengurusan 2024-2027. Sebagaimana ketentuan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Nomor 2/2749/HK.03.01/XI/2021 bahwa masa tugas pengurus FKLPID adalah tiga tahun. SK FKLPID Mojokerto periode sebelumnya yakni 2021-2024, yang ditandatangani oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Timur telah berakhir pada 29 Juni 2024 lalu. Untuk itu perlu dilakukan pembentukan pengurus periode selanjutnya. 

Rapat yang dilaksanakan hari ini Kamis (4/7/2024) di Aula Majapahit BLK Mojokerto dihadiri langsung oleh Kepala BLK Mojokerto Sri Andayati, SE, MM. Dalam sambutannya Kepala BLK menyampaikan bahwa peran FKLPID sangat penting dalam menjembatani lulusan pelatihan dalam mendapatkan pekerjaan terutama di bidang industri. Akses informasi dan rekrutmen tenaga kerja di perusahaan dapat terfasilitasi oleh FKLPID sehingga penempatan alumni BLK sebagai tenaga kerja dapat tercapai. Tidak hanya itu, FKLPID juga dapat menerima manfaat dengan mendapatkan tenaga kerja melalui BLK Mojokerto dari lulusan pelatihan yang memenuhi kualifikasi perusahaan. Berbagai program kemitraan antara BLK dengan perusahaan industri juga dapat dilaksanakan jika FKLPID dapat berjalan dengan baik.

Setelah melalui musyawarah dan pemilihan yang dipandu oleh Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran BLK Mojokerto Suratman, SH  akhirnya terpilih Imron Hadi dari PT Sinar Sosro dan Richi Trianto dari PT Hanjaya Perkasa Metals Indonesia (HP Metals) sebagai wakil ketua. Sebanyak tujuh belas peserta rapat dari unsur pemerintah, dunia industri dan SMK hadir memberikan dukungan terpilihnya ketua FKLPID Mojokerto yang baru. Selamat bekerja FKLPID Mojokerto periode 2024-2027! (rb)