Tingkatkan Kualitas Komunikasi Publik, Disnakertrans Jatim ikuti Forum Humas Perangkat Daerah Jatim

Naker.News-Yogjakarta- Tim Medsos Disnakertrans Jatim ikuti Forum Humas Perangkat Daerah yang digelar Biro Adpim-SETDA Prov.Jatim di Ruang Rapat Gedung Wisanggeni, Unit 8 Kompleks Kepatihan Pemprov DIY, Jumat (17/5/2024).

Forum tersebut dikemas dalam Studi Lapangan Peningkatan Kapasitas dan Sinergitas Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan bagi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun tema yang diangkat "Kolaborasi Pentahilx dalam Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan". 

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim Pulung Chausar dihadiri sebanyak 107 peserta yang merupakan Pejabat Fungsional Pranata Humas dan Pejabat Pelaksana yang membidangi kehumasan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda Prov. DIY Teguh Suhada membuka secara langsung kegiatan yang juga dihadiri oleh 3 orang narasumber diantaranya Ditya Nanaryo Aji selaku Koordinator Bagian Humas, Biro UHP Setda Prov. DIY, Pimpinan Redaksi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat, Otto Lampito dan Co-Founder Think Public Relations Yogyakarta, Ayu Kusumaningtyas. 

Dalam sambutannya Teguh Suhada menyampaikan, kerjasama antara Pemprov DIY dan Pemprov Jatim perlu diapresiasi, karena akan menumbuhkan hubungan yang baik kedepannya di segala bidang. Terkait dengan tema studi pelatihan, Teguh menegaskan bahwa kehumasan menjadi tolak ukur suksesnya penyebaran informasi yang dihasilkan suatu instansi. Outputnya adalah informasi tersebar ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga tujuan komunikasi publik bisa tercapai secara efisien. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim Pulung Chausar mengatakan, Forum Humas Perangkat Daerah merupakan langkah strategis untuk peningkatan kualitas komunikasi publik dan efektifitas pengelolaan pemerintah daerah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kehumasan bagi pejabat fungsional Pranata Humas dan/atau pejabat pelaksana yang membidangi kehumasan/komunikasi publik dalam dalam menyediakan materi serta mengelola komunikasi secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas, sinergitas, kolaborasi, partisipasi antar humas Perangkat Daerah guna menciptakan iklim komunikasi publik yang positif dan massif.

“Sinergi dan kolaborasi yang kuat dari seluruh perangkat daerah nantinya diharapkan akan memberikan dampak bagi kemajuan ranah publikasi utamanya setiap program dan kebijakan yang dihasilkan setiap instansi,” kata Pulung.

Selain itu Pulung menekankan rangkaian kegiatan ini adalah skema pengembangan klasikal berbasis best practice dengan pendalaman materi yang disampaikan oleh narasumber dan kompetensi praktisi yang sangat kompeten.