Maret, E-KTP di 26 Kab/Kota Dimulai

22 Agustus 2014 | Posted in : KEPENDUDUKAN

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim memastikan pelaksanaan program Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP pada 26 Kabupaten-Kota di Jatim di Tahun 2012 ini akan dilaksanakan Maret mendatang.

Kepala Disnakertransduk Jatim, Harry Soegiri, melalui Kepala Seksi (kasi) Pengelolaan dan Informasi Penduduk Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Prov Jatim, Drs. Sambudi MSi.Mengatakan, saat ini persiapan melaksanakan e-KTP di 26 daerah di Jatim masih menunggu sejumlah kelengkapan. Selain itu juga masih memberikan pelatihan teknis kepada petugas operator menjalankan operasional peralatan program e-KTP ini.

”Memasuki akhir januari ini sebanyak 26 daerah di Jatim masih belum menerima sepenuhnya alat e-KTP ini. Sesuai petunjuk dari pemerintah pusat diharapkan pada Maret Mendatang ini semua  daerah harus sudah bisa memulai mengoperasionalkannya.”Katanya, senin (30/1).

Berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring persiapan penerapan e-KTP tahun 2012 di 26 Kabupaten-kota di Jatim terdapat peralatan (bantuan pusat) yang telah ada sudah terkirim ke sejumlah daerah. Diantaranya, peralatan rak server, parabola, tower, router, modem, antena, jaringan indosat, AC, Fiber optic dan UPS. ”Peralatan e-KTP masih dikirim secara bertahap yang jelas kemungkinan Maret sudah harus dimulai pelaksanaannya.”katanya.

Ada beberapa daerah yang belum sama sekali mendapatkan atau menunggu kiriman dari pemerintah pusat mengenai peralatan e-KTP diantaranya kabupaten Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Gresik , Sumenep, Malang, Situbondo, Magetan, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Bangkalan dan Kota Probolinggo.

Sedangkan pembekalan pelatihan kepada operator e-KTP akan dimulai Pada  Pebruari mendatang. Pembekalan operator ini rencananya diawali oleh 14 daerah di jatim yakni Kabupatan Banyuwangi, Bondowoso, Gresik, Jombang, Lamongan, Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Pasuruan, Situbondo, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan Kota Probolinggo.

”Bimbingan teknis kepada operator e-KTP ini dilaksanakan selama dua hari. Mengenai penempatan lokasi menjadi kewenangan daerah masing-masing. Jumlah petugas operator setiap kecamatan sebanyak empat orang dan didampingi petugas pembimbing dari konsorsium atau pihak ke tiga dari program e-KTP,”jelasnya.

Pelaksanaan e-KTP dimulai Maret, Sambudi optimistis akan selesai pada akhir tahun 2012 terselesaikan. Tentunya, semuanya harus mendukung pelaksanaannya terutama masyarakat Jatim. ”Harapan Kami semua lancar dan selesai tepat waktu. Mudah-mudahan bisa terlaksana,”tandasnya.

Pemprov, Bhirawa, Selasa Wage. 31 Januari 2012

 

Tags :

Related Posts

MULAI TAHUN 2016 ANAK WAJIB PUNYA KTP DALAM BENTUK KIA SESUAI PERMENDAGRI NO 2 TAHUN 2016KIA (KTP ANAK)Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki...
Mendagri menjamin kartu e-KTP yang habis masa berlakunya ini masih bisa digunakan untuk mengurus dokumen.   Dengan demikian, Penduduk yang ingin memperbarui Kartu Tanda...
Sebagai tindak lanjut dari Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Nomor. 188/8820/SES tanggal 18 September 2014 perihal Sosialisasi Undang-Undang...