Evaluasi keberhasilan transmigran asal Jawa Timur di UPT Tanjung Buka SP.6 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

Evaluasi keberhasilan transmigran asal Jawa Timur di UPT Tanjung Buka SP.6 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menggandeng Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan evaluasi keberhasilan transmigran asal Jawa Timur di UPT Tanjung Buka SP. 6 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, pada hari Rabu (30/3/2022).

Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan, permasalahan-permasalahan yang dihadapi serta upaya dan langkah antisipatip yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi transmigran asal Jawa Timur di UPT Tanjung Buka SP. 6 Kabupaten Bulungan, sesuai dengan salah satu tujuan penyelenggaraan transmigrasi yaitu meningkatkan  kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitarnya (UU RI No. 29/2009 tentang perubahan atas UU No. 15/1997 tentang Ketransmigrasian).

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah tim Disnakertrans Provinsi Jawa Timur, tim Balitbang Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bulungan beserta jajarannya, Kepala Desa Salimbatu, serta 50 (lima puluh) kepala keluarga warga transmigran asal Jawa Timur (sebagai responden).

Dalam wawancana dengan warga transmigran diperoleh informasi bahwa mereka bersyukur ikut program transmigrasi, karena dapat merubah kondisi kehidupan mereka yang sebelumnya tidak memiliki tempat tinggal dan pekerjaan, sekarang sudah memiliki rumah, lahan dan pekerjaan tetap (petani).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bulungan sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Timur, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Jawa Timur terhadap warganya yang mengikuti program transmigrasi dan pindah menetap ke provinsi daerah tujuan.

Diakhir acara Kapala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Prov Jatim mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, serta berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk tetap memberikan bimbingan dan arahan terhadap warga transmigran khususnya warga transmigran asal Jawa Timur dalam mengelola lahannya.   Dukungan data untuk memperkuat analisa dalam penyusunan laporan, tim juga melaksanakan focus group discussion (FGD) bertempat di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bulungan dengan OPD terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Sosial serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar pada hari Kamis (31/3/2022).

Previous Kadisnakertrans Jatim Sambut 97 CPNS Tahun 2021

Leave Your Comment

Connect With Us

Disnakertrans Prov. Jatim

Jl. Dukuh Menanggal No. 124-126, Surabaya (60234)

Jam Operasional :

Senin– Kamis : 07.00 – 15.30 WIB

Jumat : 06.30 – 14.30 WIB

Copyright by Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved