Bidang Penempatan Dan Perluasan Kesempatan Kerja

Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja sebagai bagian dari organisasi perangkat daerah yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur – Dinas yang merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang tenaga kerja dan transmigrasi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 79 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.

Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 79 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, mempunyai tugas menyusun program dan kegiatan serta memberikan fasilitasi pengembangan pasar kerja, pengolahan informasi pasar kerja dan bursa kerja, pembinaan bursa pasar kerja (job fair), penyuluhan bimbingan jabatan, analisis jabatan dan pasar kerja, penempatan tenaga kerja melalui mekanisme Antar Kerja Lokal, Antar Kerja Antar Daerah, Antar Kerja Antar Negara dan Antar Kerja Khusus, pengendalian penggunaan tenaga kerja asing dan pengembangan perluasan kerja melalui pembinaan usaha mandiri, teknologi tepat guna, pendayagunaan tenaga kerja sukarela/sarjana dan padat karya serta pola lain untuk penciptaan perluasan kesempatan kerja dalam 1 (satu) Daerah Provinsi.

Alamat : Jl. Dukuh Menanggal Sel. No.124-126, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60234

Email 1 : [email protected]

Email 2 : [email protected]

Jam Operasional :

  • Senin-Kamis : 07.00 - 15.30
  • Jumat : 06.30 - 14.30

Wilayah Kerja Operasional :

  • Workshop program Millennial Job Center (MJC)
  • Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan
  • Bimbingan Wirausaha Baru
  • Bimbingan teknis peningkatan keterampilan bagi wirausaha sektor informal di era revolusi industri 4.0

Layanan :

Menghadapi permasalahan pengangguran, ketidakcocokan kualifikasi tenaga kerja, dan belum maksimalnya komunikasi antara Dinas yang membidangi ketenagakerjaan provinsi, kabupaten/kota dengan perusahaan serta masyarakat terkait kebutuhan tenaga kerja, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur sebagai inspirator memanfaatkan sarana teknologi informasi sebagai salah satu solusi permasalahan yang ada dengan mencetuskan ide inovasi ”Ayo Kerja”.

Layanan di Pusat Layanan Karir Terpadu (PLKT) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur yang kemudian dikembangkan sebagai model inovasi pelayanan penempatan tenaga kerja (Public Employment Service Inovation), guna meningkatkan promosi dan pelayanannya, dikembangkan menjadi ’Layanan Inovasi Ayo Kerja’. Perubahan nama layanan ini sukses menjadikan Lembaga Penempatan Pemerintah serta memiliki brand (merk) yang mottonya ”handal dan berkualitas” dan mendapat penghargaan sebagai Top 25 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan & RB.

Inovasi tersebut sangat membantu mempercepat informasi dan menyumbang 30% lebih tinggi proses penempatan tenaga kerja terutama bagi perusahaan dan pencari tenaga kerja sebagai pengguna langsung. Inovasi ini mampu mendorong 75% lebih perusahaan anggota perusahaan aktif menyampaikan informasi lowongan tenaga kerja. Hal yang unik dari layanan inovasi ini adalah, ”Ayo Kerja” merupakan satu-satunya di Indonesia yang melayani konsultasi kerja secara online yang dapat membantu pencari kerja berkonsultasi tentang informasi untuk memahami dunia kerja.

Penerapanan inovasi ini pada akhirnya mampu mempercepat pengembangan jejaring bursa kerja, reformasi birokrasi dan menuju layanan berbasis e-government, serta menjadi merk layanan bursa pemerintah yang berkualitas. Mengacu kepada agenda SDGs (Sustainable Development Goals), maka layanan ini mampu membantu penyediaan pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth), serta pengurangan penduduk miskin (No Proverty).

Adapun yang melatarbelakangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur mengembangkan layanan inovasi publik Ayo Kerja, antara lain tugas menangani penempatan tenaga kerja, dengan sasaran angkatan kerja, pencari kerja, penganggur dan setengah pengangggur (under employment) yang akan masuk ke dunia kerja. Beberapa situasi layanan penempatan tenaga kerja di Jawa Timur antara lain :

  • Layanan bursa kerja dan informasi kerja di Disnaker Kabupaten/Kota kurang menarik, sehingga pencari kerja dan perusahaan kurang berminat memanfaatkan layanan ini.
  • Keterbatasan sumber daya Disnaker Kabupaten/Kota untuk melayani pencari kerja usia muda untuk mencari lowongan pekerjaan, memberikan layanan konsultasi dan pendampingan secara optimal.
  • Calon tenaga kerja masih kebingungan untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan yang tepat dan layak.
  • Pegawai Disnaker Kabupaten/Kota belum banyak memanfaatkan teknologi informasi yang ada.
  • Perusahaan belum memilki sumber-sumber informasi yang cepat dan tepat untuk menyampaikan informasi lowongan kepada masyarakat.
  • Minimnya informasi bagi perusahaan atas sumber-sumber penyedia SDM yang berkualitas.
  • Sulitnya koordinasi antara Provinsi dengan Kabupaten/Kota atau antar Kabupaten/Kota dengan lembaga pendidikan baik di satuan SMK, Lembaga Pelatihan Kerja maupun Perguruan Tinggi.

Melihat situasi layanan diatas, maka dilakukan inisiatif inovasi layanan publik Ayo Kerja. Layanan yang dikembangkan melalui pendekatan layanan online secara terpadu (http://infokerja.disnakertrans.jatimprov.go.id) dan tanpa dipungut biaya, mulai up-date informasi, konsultasi, hingga bantuan mencocokkan pekerjaan (job matching). Melalui aktivitas yang terpadu dan online, pencari kerja diharapkan dapat mempercepat mendapatkan informasi dan memperbesar peluang mendapat pekerjaan yang tepat. Di sisi lain perusahaan diharapkan lebih cepat mendapat calon tenaga kerja yang sesuai kebutuhan. Manfaatnya melalui layanan bimbingan konsultasi secara offline dan online dengan moto ‘find out the right job and consult it with us‘, pencari kerja dibimbing dan diarahkan dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan yang tepat. Selain itu, dilakukan layanan spesifik melalui informasi kerja melalui smartphone, mini job fair tematik dan mobil informasi kerja keliling, memudahkan pencari kerja mendapat informasi dan perusahaan menyampaikan informasi lowongan kerja.

Dari penerapan layanan inovasi publik Ayo Kerja oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur dengan 3 program perbaikan yakni SDM dan Sarana, Layanan yang spesifik dan Merk-Promosi yang berkelanjutan, diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Kemudahan pencari kerja dalam memperoleh informasi lowongan kerja
  2. Kemudahan dan efisiensi perusahaan dalam mendapatkan informasi tenaga kerja dan pemasangan lowongan.
  3. Kepastian legalitas informasi lowongan kerja.
  4. Dampingan dan konsultasi untuk membantu pencari kerja dalam memahami dunia kerja dan mendapat pekerjaan yang tepat.
  5. Wadah dan sarana untuk masyarakat, perusahaan, pencari kerja, lembaga pendidikan, lembaga pelatihan dan disnaker kab/kota mendapatkan informasi yang cepat, mudah dan aktual.
  6. Disnaker Kabupaten dan Kota mendapat kemudahan dalam memperoleh informasi lowongan kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja serta menjadi penjamin informasi lowongan yang aman dan contoh baik dalam proses layanan penempatan kerja.