UPT BLK Mojokerto

Alamat :

-          Jl. Raya Jabon Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto

Kontak :

-          No. Telp.                :    0321-323237

-          Email                     :    [email protected] / [email protected]

-          Akun Medsos

o   Instagram  :    uptblkmojokerto

o   Facebook   :    Uptpk Moker

o   Youtube     :    UPT BLK Mojokerto

o   Tiktok         :    uptblkmojokerto

Deskripsi UPT BLK Mojokerto

-          Sejarah singkat UPT BLK Mojokerto :

Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Mojokerto (UPT BLK) merupakan salah satu Balai Latihan Kerja di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur yang terletak di Jl. Jabon Ds. Jabon Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto. Lembaga ini didirikan sejak tahun 1983 yang dibangun dari dana Pemerintah Republik Indonesia diatas lahan seluas 20.030 M2 yang berdasarkan SK. Menaker RI No. 181/MEN/1984 bernama Kursus Latihan Kerja (KLK) dan berubah nama menjadi Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Mojokerto sesuai Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur No.62 Tahun 2018.

UPT Balai Latihan Kerja merupakan tempat pelatihan untuk mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi dibidangnya serta memiliki sikap mental disiplin, ulet dan mandiri. Dalam melaksanakan tugas penting tersebut SDM daripada pegawai terus ditingkatkan baik struktural maupun instruktur pelatih untuk mengembangkan dalam berbagai program Pendidikan dan Pelatihan menyesuaikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun era globalisasi, sebagai konsekwensi dari investasi besar  dalam Sumber Daya Manusia ini dikelola secara profesional dengan fasilitas sebagai sarana pelatihan yang didukung peralatan yang mengacu pada perkembangan IPTEK sehingga terwujud sebagai lembaga pelatihan yang berstandart internasional.

UPT BLK Mojokerto menyediakan pelatihan ketrampilan dan kewirausahaan gratis diantaranya adalah kejuruan Bangunan, Bisnis Manajemen, Teknologi Informasi, Listrik, Pertanian, Teknologi Mekanik, Dan Otomotif. Salah satu program pelatihan yang dimiliki oleh UPT BLK Mojokerto adalah pelatihan institusional. Pelatihan ini bersifat gratis serta dapat diikuti oleh siapa saja asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan dan lolos tes seleksi. Pelatihan ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah, baik APBN maupun APBD. Setiap tahunnya, UPT BLK Mojokerto dapat mengadakan pelatihan institusional hingga empat gelombang. Paket pelatihan yang dibuka setiap gelombangnya pun beraneka ragam, berbeda-beda tiap gelombang. Masyarakat yang berminat untuk mengikuti pelatihan harus mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas yang diperlukan.

 

-          Wilayah Kerja Operasional :

o   Kab. Mojokerto

 

Jenis Pelatihan yang di buka :

NO

KEJURUAN

PROGRAM PELATIHAN

1

Teknik Manufakture

Pengoperasian Mesin Bubut

2

Teknik Las

Plat Welder SMAW 2G PC

3

Teknik Otomotif

Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional

 

 

Service Sepeda Motor Injeksi

4

Teknik Elektronika

Audio Video

5

Teknik Listrik

Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana

6

Refrigeration

Teknisi AC Residential

7

Bangunan

Mengerjakan Finishing dengan Teknik Oles

8

Bisnis dan Manajemen

Pengelola Administrasi Perkantoran

 

 

Teknisi Akuntansi Junior

 

 

Bahasa Jepang untuk Tour Guide

 

 

Bahas Inggris

9

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Basic Office

 

 

Practical Office Advance

 

 

Desain Grafis

10

Garment Apparel

Menjahit Pakaian Dengan Mesin

 

 

Pembuatan Hiasan Busanan dengan Mesin Bordir Manual

11

Pengolahan Hasil Pertanian

Pembuatan Roti dan Kue

 

 

Tata Boga

12

Tata Kecantikan

Tata Rias Pengantin Gaun Panjang

 

Layanan :

-          Judul layanan                 :       SiPENTOL (Sistem Pendaftaran Online)

SiPENTOL, merupakan kepanjangan dari Sistem Pendaftaran Online. Inovasi ini ditujukan kepada calon peserta pelatihan (pendaftar) yang akan mendaftar di UPT BLK Mojokerto. Selama ini, sistem pendaftaran pelatihan hanya menggunakan cara konvensional (offline) yaitu dengan datang langsung ke Kios 3in1 UPT BLK Mojokerto untuk mengisi formulir dan menyerahkan berkas pendaftaran. Sayangnya sistem konvensional ini sering menimbulkan adanya kerumunan. Sejak adanya pandemi Covid-19, demi menekan penyebaran virus Covid-19, kerumunan massa merupakan salah satu hal yang perlu dihindari.

Selain itu, sistem pendaftaran secara online ini dianggap lebih efisien dalam hal pendataan pendaftar, kemudahan mendaftar, dan dari segi biaya yang diperlukan. Sistem pendaftaran konvensional ini membuat staff Kios 3in1 harus mengetik ulang data yang diisikan dalam formulir ke dalam Excel. Dilihat dari segi waktu dan tenaga, hal ini kurang efektif.

SiPENTOL ini dibuat dengan memanfaatkan dan mengkombinasikan beberapa fitur gratis yang disediakan oleh Google, yaitu Google Form, Google Drive, Google Spreadsheet, dan Extension pada Google Spreadsheet. Serta fungsi Mail Merge yang dimiliki oleh Google Docs dan Google Spreadsheet.