UPT BLK Tuban

ALAMAT

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Perbon, Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 60234.

KONTAK

 

(0356) 322720

DESKRIPSI UPT BLK TUBAN

Ø SEJARAH SINGKAT:

Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Jawa Timur diawali dengan berdirinya Pusat Latihan Kerja (PLK) Singosari dan PLKP Wonojati di Malang pada tahun 1950-an, bersamaan dengan enam PLK lain di indonesia. PLK Singosari dikhususkan untuk keterampilan di bidang industri termasuk bangunan, listrik, dan radio. Sedangkan PLK Wonojati pada bidang pertanian. Sasaran pelatihan di PLK tersebut adalah para pencari kerja, mantan pejuang dan pegawai dari instansi lain yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Sementara itu, berbagai sarana dan fasilitas di PLK Singosari pada masa itu diperoleh dari bantuan Pemerintah Belanda.

              Pada tahun 1979, pemerintah membangun lagi 17 buah Pusat Latihan Kerja baru, satu diantaranya adalah PLK Surabaya, dengan dana Bank Dunia (IBRD). Pada masa itu sudah dimulai pengembangan pelatihan keliling atau Mobile Training Unit (MTU). Dua tahun kemudian, yaitu tahun 1981- 1985 secara serentak di bangun 120 buah UPT di Indonesia, 16 buah di antaranya UPT tipe B dan sisanya Loka Latihan Kerja (LLK). Provinsi Jawa Timur memperoleh jatah 1 buah UPT tipe B, yakni UPT Sumenep dan 13 Buah LLK yang dibangun di Nganjuk, Tuban, Tulungagung, Kediri, Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, Pasuruan, Jember, dan Sitobondo. Jenis keterampilan dan fasilitas pelatihan pun dalam paket yang sama.

   Dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat daerah  ( Lembaran Negara Republik Indo0nesia Tahun 2007 Nomor 89 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4741)serta berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur : 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Jawa Timur tanggal 20 Agustus 2008 dan telah diundangkan tanggal 22 Agustus 2008 melalui lembaran Daerah Provinsi Jawa timur Tahun 2008 Nomor : 2 Tahun 2008 seri D telah dibentuk Lembaga Dinas Tenaga Kerja , Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

UPT Balai Latihan Kerja Tuban adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas yang melaksanakan kegiatan teknis operasional dan/ atau kegiatan teknis penunjang tertentu, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Timur.

Ø  WILAYAH KERJA OPERASIONAL:

1.      Kabupaten Tuban

2.      Kabupaten Lamongan

3.      Kabupaten Gresik

Ø JENIS PELATIHAN YANG DI BUKA :

1. Teknik Las

2. Teknik Manufacture

3. Teknik Otomotif

4. Teknik Listrik

5. Teknik Elektronika

6. Teknologi Informasi dan Komunikasi

7. Processing

8. Bangunan

9. Bisnis dan Manajemen

10. Garmen Apparel

11. Tata Rias

12. Aneka Kejuruan : Batik dan Sablon 

Ø LAYANAN :

SIPENO (Sistem Informasi PENdaftaran Online)

SIPENO” merupakan sebuah system informasi Pendaftaran berbasis digital dan daring yang diwujudkan sebagai media pelayanan UPT Balai Latihan Kerja Tuban dalam bidang pendaftaran peserta pelatihan. Melalui SIPENO”, calon peserta dapat melakukan proses pendaftaran pelatihan dengan lebih mudah, efektif dan efisien. Selain itu, SIPENO” juga dapat menjadi media bagi UPT BLK Tuban dalam menyampaikan informasi, sosialisasi serta pengumuman seputar pelayanan publik di UPT BLK Tuban.

http://tuban.disnakertrans.jatimprov.go.id/sipeno