Pemprov Jatim Cepat Tangani Kepulangan Jenazah TKI Yang Meninggal di Luar Negeri

28 Februari 2019 | Posted in : BERITA, Headline, KETENAGAKERJAAN

Jatim Newsroom– Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Biro Kesejahteraan Sosial Setdaprov Jatim serta pihak terkait bergerak cepat menangani proses pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI), Siti Mutrofin yang meninggal dunia di Malaysia, Sabtu (23/02) lalu.

Dalam empat hari jasad Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Blitar yang meninggal dunia karena sakit di Penang Hospital Malaysia ini, sudah bisa dipulangkan ke daerah asal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim., Himawan Estu Bagijo mengatakan, kerja cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama bagi PMI/TKI yang mendapat musibah di luar neger ini, merupakan implementasi jargon Cepat Efektif Tepat Transparan dan Responsif (CETTAR) yang menjadi visi Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang harus dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim.

Jadi kronologi informasi kematian ini disampaikan melalui media sosial twitter oleh akun @hasby dikirim kepada Ibu Gubernur @khofifahIP, maka ia diperintah oleh Gubernur untuk segera menangani isi dari twitter itu tentang permintaan bantuan kepada Pemprov Jatim untuk membantu memulangkan jenazah Siti Mutrofin.

Pihaknya berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia serta instansi terkait di Jatim. Melalui Satuan Tugas (Satgas) Disnakertrans Jatim yang ada di Bandara Juanda Sidoarjo yang mengurus administrasi kargo sampai bisa dikeluarkan dan diserahkan kepada pihak keluarga bahkan mengantarkan dengan ambulan sampai daerah asal.

“Penanganan dan pelayanan oleh Pemprov Jatim untuk proses pemulangan jenazah PMI yang meninggal dunia di luar negeri ini, merupakan penerapan semboyan Cettar dari Ibu Gubernur, sehingga bisa cepat ditangani,” ujar Himawan, saat di Terminal Kargo I Bandara Juanda, Rabu (27/02) siang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja, Budi Rahardjo pejabat yang ditugasi oleh Kadisnakertrans Jatim untuk mengawal perjalanan jenazah TKI ke Blitar, menceritakan sesampai tiba di rumah duka disambut dan diterima oleh Camat Ponggoh Darmaji serta M. Sobiri dan Andika anak dari mendiang Siti Mutrofin.

Darmaji menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Ibu Gubernur Khofifah karena telah memberikan perhatian kepada warganya yang meninggal di luar negeri ini. Proses pemulangan jenazah PMI ini sangat cepat karena biasanya memakan waktu hingga sepuluh hari untuk mengurus dokumen sampai tiba di tanah air.

“Kami dari Dinas Tenaga Kerja komitmen untuk memberikan pelayanan namun juga memikirkan langkah kedepan jika terjadi kasus yang sama, karena PMI yang meninggal ini statusnya TKI non prosedural atau ilegal, makanya saya ditugasi oleh Pak Kadis untuk mengawal sampai rumah duka” terang Budi. (pno)

Tags :

Related Posts

At our site you can’t just order an essay quickly, but in addition get the best experts who work here and truly feel confident...
In case you have any of the aforementioned reasons for getting expert help online, make the suitable choice let us assist you with your...
g Good Essay Writing Service Online All About Essay Writing Service Online Thus, you ought to be somewhat choosy...